Permintaan dan Penawaran




        A . PERMINTAAN
  1. PENGERTIAN PERMINTAAN
                   Permintaan adalah keinginan yang diserta oleh kemampuan untuk membeli barang dan jasa pada tingkat harga dan waktu tertentu .

                   Ada tiga hal penting yang berkaitan dengan konsep permintaan ini :
Pertama , kuantitas yang diminta merupakan kuantitas yang diinginkan . hal ini menunjukan berapa banyak yang ingin di beli konsumen berdasarkan harga barang tesebut, harga barang lain, pendapatan dan selera.
kedua , keinginan konsumen tersebut disertai oleh kemampuan serta kesediaan untuk membeli. Jadi, merupakan permintaan efektif.
ketiga , kuantitas yang diminta dinyatakan dalam satuan waktu . Contoh , kuantitas televisi yang diminta dikota jakarta adalah 20.000 unit, maka harus jelas apakah 20.000 unit tersebut per hari per bulan atau pertahun. Penjualan televisi 20.000 unit perhari adalah angka yang sangat fantastis. Berbeda jika kita katakan bahwa penjualan terebut adalah pertahun.

2.   FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAN MENYEBABKAN KURVA PERMINTAAN BERGESER KEKIRI ATAU KEKANAN
          a) Harga Barang Konplementer dan Barang Subtitusi
                   Misalkan harga buah duren tiba-tiba melambung tinggi . Ani, budi dan dewi mungkin akan mengurangi  atau bahkan menghentikan pembelian duren dan beralih ke manggis . Oleh karena itu , kuantitas permintaan manggis meningkat tajam , meskipun harga manggis tidak berubah . Kurva permintaan manggis akan bergeser kekanan . Jadi , pada barang subtitusi, peningkatan harga satu barang akan mengakibatkan peningkatan pemintaan barang lain yang menjadi subtitusinya .
          b) Jumlah Pendapatan 
                   Ketika pedapatan meningkat , konsumen cenderung meningkatkan konsumsi mereka terhadap berbagai barang dan jasa (menggeser kurva permintaan kekanan) . Sebaliknya ketika pendapata menurun, konsumen cenderung menurunkan pembelanjaannya terhadap berbagai barang dan jasa (menggeser kurva permintaan kekiri) . Namun demikian, ada barang dan jasa tertentu yang permintaannya justru menurun ketika pendapatan bertambah dan meningkat ketika pendapatan berkurang . Sebagai contoh , ketika pendapatan meningkat , keluarga ani mungkin akan mengurangi makan tempe , dan lebih banyak makan daging . Kurva permintaan tempe keluarga ani bergeser kekiri ketika pendapatan meningkat. Barang-barang dan permintaannya menurun ketika pendapatan meningkat dinamakan barang-barang inferior. Sedangkan barang-baang dan permintaannya meningkat ketika pendapatan meningkat disebut barang normal .
          c) Jumlah dan Karakteristik Penduduk
                   Jumlah konsumen akan mempengaruhi kuantitas total barang dan jasa yang akan dikonsumsi. Oleh karena itu semakin besar jumlah penduduk,semakin besar pula terhadap barang dengan jasa. Selain jumlahnya, struktur usia penduduk juga akan mempengaruhi pola permintaan terhadap barang dan jasa tertentu . Jika penduduk balita pada tahun ini meningkat, maka permintaan terhadap barang-barang jasa yang dibutuhkan balita akan meningkat .  Misalnya, permintaan terhadap jasa dokter anak, permintaan terhadap bubur bayi, susu, pakaian balita, dan lain-lain. Urbanisasi (perpindahan penduduk) dari berbagai daerah ke kota-kota besar juga akan mempengaruhi permintaan terhadap barang dan jasa di kota-kota besar tersebut.
d) Perubahan Tradisi, Mode, dan Selera Masyarakat
          Selera yang berubah dapat mengakibatkan perubahan permintaan. Sebelum atap genteng populer, masyarakat masih banyak yang menggunkan atap seng. Namun, pada saat ini masyarakat semakin menyenangi atap genteng. Akibatnya, permintaan genteng naik. Sebaliknya permintaan atap seng menurun.

e) Perkiraan dan Harapan Masyarakat
          Perkiraan dan harapan juga dapat mempengaruhi permintaan. Ketika krisis ekonomi mulai melanda negara kita di tahun 1997 ,situasi ekonomi menjadi kurang menentu.Banyak masyarakat yang merasa khawatir dan memperkirakan bahwa resesi akan berkepanjangan.Ditelevisi dan surat-surat kabar diberitakan terjadinya antrian panjang dipasar-pasar swalayan.Contoh : para ibu berebut gula pasir,minyak goreng,susu,mie instan,tepung terigu,serta berbagai barang konsumsi lainnya.Mereka khawatir bahwa harga barang-barang akan meningkat dikemudian hari.Bahkan mereka juga khawatir bahwa stok atau persediaan berbagai barang keperluan konsumsi tersebut akan hilang dipasaran karna produsennya sudah tidak mampu lagi berproduksi.

f) Hari Raya Keagamaan
          Pada hari natal ,permintaan terhadap pohon natal,kaset lagu-lagu rohani,kue-kue natal,atau berbagai barang souvenir ,akan meningkat tajam.Begitu pula pada saat hari raya lebaran,permintaan terhadap ketupat,daging sapi,kue-kue,mukenad
g) Kondisi Sosial dan Ekonomi
pada waktu situasi keamanan kacau, permintaan terhadap makanan dan senjata tajam mungkin meningkat. Toko- toko dan perkantoran meningkamaat tenaga keamanan mereka. Begitu pula dengan penduduk yang berpendapatan tinggi. Mereka beramai-ramai menyewa jasa tenaga keamanan untuk menjaga rumah serta harta kekayaan mereka. Sementara itu, sebagian besar orang cenderung mengerjakan berbagai aktivitas di rumah. Hal ini mengakibatkan permintaan terhadap bensin dan jasa angkutan cenderung menurun.

3. KURVA PERMINTAAN DIGAMBARKAN SESUAI DENGAN CONTOH
a) Kurva Permintaan
Kurva permintaan adalah garis yang menghubungkan titik-titik potong antara harga dan kuantitas yang diminta.
CONTOH SOAL
Tabel permintaan ana terhadap jeruk selama satu bulan digambarkan dalam kurva permitaan ana terhadap jeruk selama satu bulan yang ada dibawah ini . setiap titik pada kurva permintaan memperlihatkan kombinasi harga dan kuantitas yang diminta oleh ana . perhatikan bahwa kurva permintaan ana terhadap jeruk memiliki kemiringan negatif, yaitu bergerak dari kiri atas kekanan bawah .






TABEL PERMINTAAN

KOMBINASI

HARGA /KG

KUANTITAS YANG DIMINTA
A
Rp 5.000
10 KG
B
Rp 4.000
20 KG
C
Rp 3.000
30 KG
D
Rp 2.000
40 KG
E
Rp 1.000
50 KG

KURVA PERMINTAAN ANA







B.PENAWARAN
  1. PENGERTIAN PENAWARAN
Penawaran (supply) adalah kuantitas barang dan jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu.

2.   FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAN MENYEBABKAN KURVA PENAWARAN BERGESER KEKIRI ATAU KEKANAN
Berikut ini kita akan membahas faktor-faktor apa saja yang memengaruhi penawaran dan menyebabkan kurva penawaran bergeser ke kiri atau ke kanan.
a)    Kemajuan Teknologi
                   Kemajuan teknologi dapat mengubah kombinasi input serta jenis input yang diperlukan dalam proses produksi. Peningkatan teknologi selalu mengandung arti bahwa jumlah input yang dibutuhkan lebih sedikit, atau biaya input yang dibutuhkan berkurang. Jika biaya produksi lebih rendah, produsen terdorong untuk meningkatkan output pun meningkat. Oleh karena itu, peningkatan teknologi produksi akan mendorong kurva penawaran ke kanan.

b)    Biaya Produksi

Naik turunnya biaya produksi juga memainkan peran penting dalam memengaruhi penawaran barang dan jasa dari produsen. Misalnya, meningkatnya upah pekerja menyebabkan biaya produksi meningkat. Jika peningkatan biaya sangat tinggi, produsen cenderung untuk mengurangiproduksi sehingga menurunkan enawaran. Sebaliknya, jika suatu saat biaya bahan baku misalnya menurun, produsen dapat membeli lebih banyak bahan baku untuk memproduksi barang dan jasa. Oleh karenanya, penwaran bertambah.

c)    Persediaan Sarana Produksi
Masalah ekonomi timbul karena tidak seimbangnya sumber daya produksi dibandingkan dengan yang dibutuhkan. Demikian juga halnya dengan produksi. Produksi akan terganggu jika persediaan sarana produksi kurang. Penawaran beras pada daerah tertentu cenderung menurun karena banyak lahan pertanian yang berubah fungsi menjadi daerah industri.
d)    Peningkatan Jumlah Produsen

Jika penjualan suatu produk mendatangkan keuntungan, maka hal ini akan mendorong pemodal-pemodal baru memasuk usaha tersebut. Contohnya, jika pertanian jeruk dianggap menguntungkan, banyak pihak lain yang beralih profesi menjadi petani jeruk. Dengan bertambahnya prdusen baru ini, maka penawaran jeruk akan bertambah. Kurva penawaran bergeser ke kanan.

e)    Peristiwa Alam

Alam bagi kehidupan manusia tidak selalu memberiakn keuntungan, tetapi isa juga mendatangkan kerugian. Jika terjadi bencana alam seperti banjir atau musim kemarau yang berkepanjangan, hasil panen padi berkurang drastis. Kejadian-kejadian seerti ini akan mengurangi penawaran barang.

f)     Ekspektasi atau Harapan Produsen

Seperti halnya konsumen, produsen pun mempunyai harapan atau ekspektasi akan situasi perekonomian satu tahun mendatang akan membaik, maka pada saat ini mereka memproduksi lebih banyak barang dan jasa untuk dijual. Sebaliknya jika mereka memperkirakan bahwa situasi perekoomian akan memburuk di masa datang, mereka cendeung tidak meningkatkan produksi.

g)    Harga Barang dan Jasa Lain
Beberapa barang dan jasa ada yang bersifat melengkapi, ada yang bersifat subsitusi. Jika harga komputer PC meningkat, penawaran komputer PC meningkat. Hal ini selanjutnya akan mendorong produsen untuk meningkatkan pula penawaran disket, printer, meja komputr. Oleh karena itu, ketika harga komputer meningkat, penawaran disket, printer, dan meja komputer pun meningkat, meskipun haga barang-barang ini tidak berubah. Hal ini selanjutnya akan menyebabkan kurva penawaran barang-barang tersebut bergeser ke kanan.

3. KURVA PENAWARAN DIGAMBARKAN SESUAI DENGAN CONTOH
a) Kurva Penawaran
            Kurva penawaran adalah garis yang menghubungkan titik-titik potong antara harga dan kuantitas yang ditawarkan.

b) Tabel Penawaran
            Tabel Penawaran adalah tabel yag menunjukkan kuantitas suatu barang dan jasa yang telah ditawarkan selama periode waktu tertentu pada berbagai tingkat harga, dengan asumsi faktor-faktor lainnya konstan.
CONTOH SOAL :
Ketika harga jeruk naik , kuantitas jeruk yang ditawarkan oleh toko buah segar juga akan naik . hal ini menunjukan berlakunya hukum penawaran . setiap titik pada kurva penawaran memperlihatkan kombinasi harga dan kuantitas yang ditawarkan oleh toko buah segar . perhatikan bahwa kurva penawaran jeruk dari toko buah segar memiliki kemiringan positif, yaitu bergerak dari kiri bawah kekanan atas .

TABEL PENAWARAN JERUK DARI TOKO BUAH SEGAR

KOMBINASI

HARGA/KG

KUANTITAS YANG DITAWARKAN
A
Rp 5.000
60 kg
B
Rp 4.000
50 kg
C
Rp 3.000
40 kg
D
Rp 2.000
30 kg
E
Rp 1.000
20 kg