Proposal Kewirausahaan "Bakso Cinta"

PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN







XI AK-5
Ria Vinola Widia Wati
Anisah
Lina Wahyuni
Ari Astuti
Marlinah


BAB I
                                 
1.1            Biodata usaha
Nama : BAKSO CINTA
Jenis usaha : Manufaktur

Bentuk usaha : Rumah Makan Bakso
Alamat : Jalan Remaja Raya Perum Srikandi No. 75A RT.008  RW.07 Kel. Latin Kec. Jatibening, Jakarta Barat 18220
Telepon : (021-98853398)
Keterangan :   -

1.2            Visi Dan Misi Usaha
Visi : menjadi perusahaan terbesar dibidang makanan dengan menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau bagi konsumen Indonesia.
Misi : meningkatkan kualitas hidup bangsa indonesia dengan memproduksi makanan yang bermutu tinggi, sehat, halal, dan aman bagi konsumen.

1.3            Tujuan Usaha
Adapun tujuan dari pada usaha ini adalah :
PENDEK : 1. Untuk memperoleh penghasilan dan memberikan kepuasan bagi pihak konsumen.
MENENGAH : 1.menciptakan usaha yang sehat dan menciptakan income yang optimal
PANJANG : 1. Mendidik bekal usaha pada masyarakat yang terhimpun dalam usaha seperti keterampilan berdatang serta membuat bakso berkualitas.
                   2. menciptakan wadah kerjasama dan organisasi yang berlandasan niaga.
                   3. memiliki tujuan usaha yang integratif antara aspek managemen usaha.






1.4     Struktus Organisasi
                Pemilik : penanggung jawab atas jalan nya usaha.
          Pemimpin : memimpin karyawan
          Kasir : mengatur keluar masuk pembayaran
          Koki : memasak / minuman
          Pelayan : melayani pengunjung yang datang


1.4            uraian tugas

No
Jabatan
Uraian tugas
jml
Pendidikan
Gaji per



org
terakhir
bulan
1
manager
Memimpin karyawan
1
S2
670.000
2
Kasih
Mengatur keuangan
1
S1
500.000
3
Koki
memasak
3
S1
500.000
4
Pelayan
Melayani pengunjung
6
SMA/SMK
500.000



BAB II
ASPEK PERDAGANGAN BARANG



2.1 Perusahaan Pemasok Bahan Baku Dan Bahan Penolong


No
Nama perusahaan
Alamat
1
Home indusrty
Jl. Pegambiran no.11 rawamangun
2
3 ayam
Jl. Matei no.71 rawa terate
3
Gunung emas
Jl merah merak no.29 A pulomas
4
Ajinomoto
Jl. Tista no. BA78 , matraman
5
Banteng
Jl. Weyjan no.47 merak
6
Cap enak
Jl. Tasiokal no.59 jatinegara kaum
7
Gulamu
Jl. Koris no.6 jatinegara
8
Warna
Jl. Ciptaram no.7 , rawamangun
9
Royko
Jl. Abu abu no.90 , rawamangun
10
Rose brand
Jl. Maeda kosambi n0.999 , bukit duri




2.2  Kebutuhan Bahan Baku Dan Bahan Penolong

No
Jenis
Merek
Q
@ Harga
Jumlah
1
Daging
Home indusrty
10 kg
80.000
800.000
2
Mie basah
3 ayam
10 kg
25.000
250.000
3
Toge
Home indusrty
5 kg
5.000
25.000
4
Bihun
3 ayam
5 kg
25.000
25.000
5
Garam
Gunung emas
1 kg
5.000
5.000
6
Mecin
Ajinomoto miwon
1 kg
5.000
5.000
7
Cuka
Banteng
6 botol
5.000
30.000
8
Saus botol
Cap enak
9 botol

8.000
72.000
9
Kecap botol
Cap enak
9 botol
8.000
72.000
10
Gula
Gulamu
2 kg
7.000
14.000
11
Es batu (ukrn plastik 2kg)
Home indusrty
50 pcs
1.000
50.000
12
Sedotan ( 1pack isi 50pcs)
Warna
10 pack
3.000
30.000
13
Gelas plastik (1pack isi 50pcs)
Warna
10 pack
25.000
250.000
14
Daun seledri
Home industry
10 ikat
1.000
10.000
15
Bawang merah & bawang putih
Home industry
30 kg
10.000
300.000
16
Tusuk gigi
Warna
5 pack
2.500
12.500
17
Bumbu kaldu
Royko
24 bungus
1.000
24.000
18
Tepung terigu
Rose brand
30 kg
8.500
255.000

TOTAL


225.000
2.229.500

2.3 kebutuhan sarana

No
nama
spesifikasi
Q
@ harga
jumlah
1
Sewa tempat
12 m x 12 m
1
5.000.000
5.000.000
2
Gerobak
Warnanya pink
1
200.000
200.000
3
motor
Honda bead
1
12.500.000
12.500.000

total


17.700.000
17.700.000






2.4 kebutuhan prasarana
No
Nama
Merek
Kuantitas
Harga
Satuan
1
Etalase 135x160 cm
Home industry
1
650.000
650.000
2
Meja dan kursi
Home industry
5 set
500.000
2.500.000
3
Blender miyako chopper
Home industry
1
150.000
150.000
4
Rol kabel
Home industry
1
40.000
40.000
5
Wadah bak 5200 ml
Home industry
1
111.500
111.500
6
Ember 12 liter
Home industry
1
40.000
40.000
7
Sendok dan garpu
Home industry
3 lusin
30.000
90.000
8
Mangkok
Home industry
3 lusin
40.000
120.000
9
Toples gula 2,8 liter
Home industry
1
23.000
46.000
10
Sendok bakso
Home industry
1
5000
10.000
11
Dandang
Home industry
3
15.000
45.000
12
Tempat bumbu
Home industry
3
15.000
45.000
13
Pisau
Home industry
3
7.000
21.000
14
Celemek harmoni
Home industry
2
15.000
30.000
15
Serbet
Home industry
3
5.000
15.000
16
Tempat tissue
Home industry
5
10.000
50.000
17
Tempat sampah
Home industry
2
15.000
30.000
18
Saringan bakso
Home industry
2
25.000
50.000
19
Tempat sendok dan garpu
Home industry
5 set
10.500
52.500
20
Kompor gas
Home industry
2
300.000
600.000
21
Talenan claris
Home industry
1
21.000
21.000

TOTAL BIAYA


2.028.000
4.717.000



2.5 Lay Out





BAB III
ASPEK PEMASARAN

3.1          SEGMENTASI PASAR BAGI PEMASARAN PRODUK
JWilayah Pemasaran Produk :
Dari Jl.Remaja Raya Perumahan Srikandi sampai JL.Bunga Kenanga .
JPeminat :
Masyarakat umum di sekitar rumah makan .

3.2      STRATEGI PEMASARAN / PROMOSI
            1. Penjualan Personal ( personal selling )
Penjualan personal adalah bentuk komunikasi yang menggunakan media individu.Sistem komunikasi antara perusahaan dengan konsumen di lakukan oleh tenaga penjual atau wiraniaga . Para Wiraniaga ini dalam membangun komunikasi akan melakukan hal – hal sebagai berikut :
a.                  Menginformasikan produk .
b.                  Mengenalkan manfaat produk .
c.                   Mendidik calon pelanggan sehingga mengetahui ,mengenal , dan mengerti cara serta fungsi produk yang di tawarkan .
d.                  Melakukan pendekatan persusif kepada calonpelanggan agar membeli produk .
e.                  Meyakinkan dan membuat calon pelanggan percaya akan keunggulan produk yang di tawarkan.
Penjualan Personal di gunakan jika anggaran promosi tidak terlalu besar.







2. Iklan( Advertising )
Komunikasi produk melalui iklan membutuhkan media dan tidak lakukan secara individu / perorangan .
            Iklan merupakan bentuk komunikasi non-personal yang di lakukan melalui media .fungsi iklan adalah sebagaiberikut :
a.                  Iklan untuk meningkatkan citra perusahaan( iklan institusional ) .
b.                  Iklan untuk pemantapan merek ( iklan produk ) .
c.                   Iklan untuk memberikan informasi tentang penjualan produk barang / jasa dan juga sebagai informasi suatu kejadian yang terjadi di perusahaan( iklan penjualan ) .
d.                  Iklan untuk melakukan anjuran kepada konsumen( iklan anjuran ) .

3.  PromosiPenjualan( sales promotion )
Promosi di gunakan untuk memasarkan dan mengkomunikasikan
Pesan produk anda kepada calon konsumen .
        Ada beberapa jenis promosi penjualan ,antara lain :
a.                  Promosi pada konsumen menggunakan alat – alat promosi , seperti contoh ( sampel ) produk, kupon , potongan harga ( diskon ) , hadiah , potonganhargakhusus , kontes , stiker , atau peragaan yang menarik.
b.                  Promosi dagang ,antara lain jaminan pembelian , hadiah barang , komisi dagang , iklan kerjasama , dan kontes penjualan bagi penyalur .
c.         Promosi Wiraniaga , seperti bonus , insentif , turkeluarga , dan bonus tiba – tiba ( black bonus) .

4. Publikasi( publication )
Publikasi mencakup pengaturan komunikasi massa di luar iklan dan promosi penjualan .Publikasi terdapat secara editorial di semua media yang di baca , di lihat , atau di dengar oleh konsumen . Biasanya publikasi bertujuan untuk meningkatkan penjualan / memperkuat merek secara tidak langsung dan tidak bersifat menjual.


5. Sponsorship
       Sponsorship merupakan aplikasi dalam mempromosikan produk / merek yang berasosiasi kandengan kegiatan perusahaan lain / kegiatan pemerintahan & masyarakat .
                                               
3.3 ANALISIS PESAING LAIN
           Karakteristik Pesaing
Saya
Pesaing
Pesaing
Nama   : BaksoCinta
Alamat : Jl. Remaja Raya Perumahan Srikandi No. 75 A, Jakarta Barat kodepos 18220
Telp      : ( 021 ) 98853398



*     Harga Jual
Relatif murah
Relatif murah
Relatif murah
*     Mutu Produk
Bagus
Bagus
Bagus
*     Ketersediaan Barang
Lengkap
Lengkap
Lengkap
*     Pelanggan
Belumada
Banyak
Banyak
*     Lokasi
Strategis
Strategis
Strategis
*     Reputasi
Belumada
Ada
Ada
*     Iklan
Ada
Ada
Ada
*     Pengiriman
Ada
Kadang
Kadang
*     Penawaran khusus
Ada
Kadang
Kadang
*     Layanan purna jual
Ada
Kadang
Kadang
*     Jumlah Penjualan
200 mangkuk / minggu x Rp 10.000 =
Rp2.000.000
250 mangkuk/ minggu x Rp 12.000 =
Rp3.000.000
300 mangkuk/ minggu x Rp 14.000 =
Rp4.200.000








3.4 strategi menghadapi pesaing lain
·         Harga terjangkau
Harga relatif murah dan mudah didapat oleh semua masyarakat
·         Penawaran khusus
Setiap pembeli minimal 10 mangkuk bakso mendapatkan gratis 1 mangkuk bakso
·         Lokasi penjualan
Letak untuk penjualan strategis
·         Pelayanan
Pelayanan yang cepat dan ramah
           
3.5 penetapan harga
         Kamu membeli daging sapi 10 kg dan bahan bahan lain dari home industry . senilai 700.000 untuk membuat bakso dan untuk dijual dengan mengeluarkan ongkos 20.000 . setelah dibuat bakso siap dijual dengan keuntungan yang diharapkan 30% berarti harga jual bakso tsb adalah?
Jawab : HP= 700.000 + 20.000 = 750.000
              Mark up = 30% x 720.000 = 216.000
              Harga jual = 720.000 + 216.000 = 12.480
              Harga jual/mangkuk = 936.000 : 75 = 12.480


3.6 saluran distribusi yang digunakan







BAB IV
Aspek personalia

                                                                 
4.1  jumlah pegawai dan latar belakang pegawai
Ø Manager : S2
Ø Kasir : S1
Ø Koki : S1
Ø Pelayan : SMK/SMA



4.2       LOWONGAN

J dibutuhkan segera J

1. manager
   Persyaratan :
          *syarat umum                                     *syarat khusus
             -pendidikan terakhir S2                            -berpengalaman bekerja
             -jujur tanggung jawab

2. kasir
    Persyaratan :
          *syarat umum                                     *syarat khusus
  -pendidikan terakhir S1                    -dapat mengoprasikan komputer
            -teliti, jujur, dan sopan

3. koki
   Persyaratan :                                                    
      *syarat umum                                        *syarat khusus                         
        -pendidikan terakhir S1                          -kreatif             
        -mahir memasak

4.pelayan
   Persyaratan
      *syarat umum                                            *syarat khusus
        -pendidikan terakhir SMA/SMK              -berpengalaman menarik
        -berpenampilan menarik


Peminat yang serius, kirim surat lamaran lengkap CV pas foto terbaru dan copy ijazah ke :


BAKSO CINTA
JL.remaja raya perumahan srikandi no. 75 A
Jakarta barat kode pos 18220
Telp : (021) 98853398

BAB V
5.1 LOKASI USAHA







BAB VI

6.2 neraca saldo
BAKSO CINTA
NERACA SALDO

Keterangan
Debet
Kredit
Kas
13.373.000

Persedian barang dagang
2.229.000

Perlengkapan toko
817.000

Peralatan toko
3.900.000

Kendaraan
5.200.000

Modal

25.000.000
Penjualan

10.000.000
Diskon penjualan
10.000

Harga pokok penjualan
2.000.000

Beban sewa
5.000.000

Beban gaji
2.170.000

Beban gaji & telepon
100.000

Beban iklan
150.000

Beban lain lain
50.000

Utang dagang

5.000.000
Piutang datang
5.000.000

TOTAL
40.000.000
40.000.000



6.3 Laporan laba rugi

Penjualan                                                             10.000.000
Diskon penjualan                                                 (      10.000 )
                                                                       
Penjualan bersih                                                   9.000.ooo


HPP
Persediaan brg dgg 1 jan             2.229.500
Barang persediaan u/ dijual         2.229.500
Persediaan brg dgg 31 des          (   229.500 )
                                                                                                     
HPP                                                                       ( 2.000.000 )
                                                                       
Laba kotor penjualan                                             7.990.000

Beban beban :
Beban sewa          5.000.000
Beban gaji             2.170.000
Beban gaji & telp      100.000
Beban iklan               150.000
Beban lain-lain            50.000 +
                          
Jumlsh beban-beban                                                ( 7.470.000 )
                                                                                   
Laba bersih                                                                  520.000